MLM VS Tukang Becak

alkisah pada sebuah jaman terdapat dua buah negara yg bersebelahan bernama negeri “susah maju” dan negeri “financial freedom”. kedua negara tersebut memiliki jumlah penduduk yg sama yaitu 100 juta penduduk. dan seperti biasa memasuki awal tahun presiden masing-masing membuat rencana keuangan untuk negaranya.

presiden negeri “susah maju” yg penduduknya semuanya katro, ndeso dan tidak berpendidikan. memanggil mentri ekonominya yaitu bang saimin tukang becak.

presiden katro: eh! min… gmn nih cara biar negeri kite tambah kaya? gw kan pengen punya istana sendiri. masa istana gw masih ngontrak?! malu dong ama negeri sebelah (baca: financial freedom).

mentri saimin: gini bang pres… aye ada rencana gmn klo kite ekspot (baca:export) tenaga kerja.

presiden katro: bedeh.. pegimane caranya tuh min??

mentri saimin: jadi gini ya bang pres, pegimane klo kite bikin semua rakyat kite jadi tukang becak, biar kite nguasain jasa transportasi becak se dunia.

presiden katro: *garuk2 kepala… bedeh bener juga lo min… coba pangil mentri urusan perbecakan kite, gw pengen liat pegimane untung ruginye…

mentri saimin: lha.. bang aye kan ngerangkap juga jadi mentri urusan perbecakan… jadi gini nih ye.. itung-itungannye..

************************************************** ************

pendapatan narik: 30.000/hari x 30=900.000/bulan

pengeluaran: 600.000/bulan


keuntungan: 900.000-600.000=300.000**


pendapatan negara:300.000*12*100.000.000 = 360.000.000.000.000/tahun

*biaya makan seadanya, ngontrak gubuk, servis becak dll: 600.000

** krn rakyat negeri “susah maju” sangat nasionalis maka 100% hasilnya di sumbang kan ke negara


************************************************** ***************

presiden katro: bedeh banyak banget nolnye… ya udah deh min. terserah elo dah gw ikut aje. oh iye sekalian gw jg mau narik becak jg kan lumayan buat kas negara.


mentri saimin:
ok dah bang pres, aye juga mau narik becak jg klo gt…(biar pas hitungannya, daripada hitung 100juta kurang 1 hihihi…)


———————————————————————————–


pada saat yg sama di negeri “financial freedom”. presiden sedang sibuk dengan notebook jenis terbaru. menulis email singkat kepada menteri keuanganya untuk datang rapat.


presiden keren:
wahai menteri ku, apakah engkau sudah menyusun rencana keuangan untuk tahun ini?.


menteri keuangan:
sudah pak presiden!! saya ingin memperkenalkan konsep bisnis baru yakni MLM yang dipadukan dengan strategi negara. perencanaan ini sangat bagus dan terperinci dan kita tidak usah susah-susah untuk bekerja, biarkanlah jaringan yg bekerja untuk kita.


presiden keren:
hmm baiklah kalau begitu mulai sekarang kamu saya angkat jadi menteri urusan MLM. sekarang kamu coba jelaskan perhitungannya.


menteri urusan MLM (mantan menteri keuangan):
jadi begini pak presiden, saya berencana untuk meng-MLM kan seluruh rakyat kita. krn dr MLM ada lah passive income jadi rakyat kita tdk usah bekerja tinggal ongkang kaki duit masuk terus.

presiden keren: lho caranya gimana? coba jelaskan lg pak mentri urusan MLM?


menteri urusan MLM (mantan menteri keuangan):
jadi negara kita akan bekerja sama dengan distributor MLM terkemuka, dan seluruh rakyat kita yg 100 juta akan didaftar kan kedalam MLM tersebut.


presiden keren:
ya sudah… krn kamu memang ahlinya saya serahkan saja ke kamu. segera luncuran instruksi presiden: warga negara wajib MLM


kemudian setahun kemudian negeri “financial freedom” ternyata hancur… dan diantara puing-puing tersebut ada seorang pemulung lulusan SD yg menemukan kertas yg berisi informasi ttg pendapatan dr MLM tersebut dan sambil dia beristirahat dia menghitung (hanya kali+bagi).


dan hasilnya adalah:


pendapatan*


10 orang *10 x 1.000.000.000=10.000.000.000/bulan


100 orang *9 x 100.000.000 =10.000.000.000/bulan


1.000 orang *8 x 50.000.000 = 50.000.000.000/bulan


10.000 orang *7 x 20.000.000 = 200.000.000.000/bulan


100.000 orang *6 x 10.000.000 = 1.000.000.000.000/bulan


1.000.000 orang *5 x 5.000.000 = 5.000.000.000.000/bulan


10.000.000 orang *4 x 2.000.000 = 20.000.000.000.000/bulan


88.888.890 orang *3 x 1.500.000 = 133.333.335.000.000/bulan


100.000.000


total pendapatan: 159.613.335.000.000/bulan


*asumsi: 1 penduduk mendapatkan 10 downline


*pendapatan perbulan maksimal menurut tianshi


*bintang 10 dan 9 saya kira2 sendiri, kira2 segitu cukup kan??


bintang *10 income: 1.000.000.000


bintang *9 income: 100.000.000


bintang *8 income: 50.000.000


bintang *7 income: 20.000.000


bintang *6 income: 10.000.000


bintang *5 income: 5.000.000


bintang *4 income: 2.000.000


bintang *3 income: 1.500.000


source informasi:
http://www.tianshi.co.id/mod.php?mod…2&page_id=10#3


pengeluaran**


pembelian produk: 100.000.000 x 2.000.000 = 200.000.000.000.000/bulan


biaya lainnya: 0/bulan


total pengeluaran: 200.000.000.000.000/bulan


**asumsi belanja 2.000.000/ orang dan tuk mencapai *3


**MLM tersebut menjual obat sakti sehingga rakyat tdk pernah sakit/lapar/ memiliki kebutuhan apapun termasuk rumah dll.


kerugian negara: 200.000.000.000.000 – 159.613.335.000.000 =
40.386.665.000.000/bulan


so para MLMer berani adu pendapatan sama tukang becak?


saya tunggu perhitungan versi anda…


disclaimer:


-perhitungan ini mengunakan informasi dari MLM tianshi krn MLM tersebut yg paling dekat dengan saya. mungkin berlaku bagi MLM lain, mungkin juga tidak.


-saya tidak menghitung dengan rumus ekonomi yg ribet hanya tambah/kurang, kali/bagi.


-saya menghitung ini krn ada oknum MLM yg menjelek2kan profesi tukang becak (saya hanya meng cross check apakah benar pernyataan yg bersangkutan). adakah yg mau menghitung MLM vs pekerja kantoran?

Bagi yg ingin berkomentar silakan kirim saja email ke :

%d blogger menyukai ini: