Benarkah li jin yuan mendapatkan honoris causa?

tentunya bagi distributor tianshi maupun orang-orang yang pernah di presentasikan MLM tianshi pernah di gembar gemborkan kalau pendiri tianshi mendapatkan “gelar honoris causa oleh UNESCO”. Selain itu klaim-klaim tersebut juga berkeliaran di internet serta di marketing kit tianshi. Tapi benarkah itu? mari kita cari bersama.
Untuk menampilkan pencarian tersebut mari kita cari di google. Dan wow!! ada banyak sekali hasil pencariannya dan jika di cermati maka semua hasil pencarian tersebut hanya ada di website tianshi atau yang ada kaitan dengan tianshi. Dari sini kita dapat menyimpul kan bahwa benar tianshi mengklaim li jin yuan mendapatkan honoris causa dari UNESCO dan bukan klaim perorangan.

berikut cuplikan dari website: http://www.geocities.com/kangrachmat/sejarah.htm

Bahkan pada tahun 2002, Mr Li Jin Yuan mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Unesco PBB pada acara Konferensi Internasional di Berlin yang dihadiri juga oleh Mr. Gorbachev, juga pembagian bonus 100 mobil BMW (13 orang dari Indonesia), 43 kapal pesiar (2 orang dari Indonesia), 32 pesawat terbang (4 orang dari Indonesia) dan 6 Villa mewah seharga 3 M (1 orang dari indonesia).

hmm.. apa sih itu honoris causa?

Gelar Honoris Causa (H.C) / Gelar Doktor Kehormatan adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi/universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut. Gelar Honoris Causa diberikan dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Persyaratan

Tidak semua perguruan tinggi/universitas dapat memberi gelar Doktor Kehormatan, hanya perguruan tinggi/universitas yang memenuhi syaratlah yang diberikan hak secara eksplisit untuk memberi gelar Doktor Kehormatan. Berikut persyaratan-persyaratan[3]nya :
Pernah menghasilkan sarjana dengan gelar ilmiah Doktor,
Memiliki Fakultas atau jurusan yang membina dan mengembangkan bidang ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan bidang ilmu pengetahuan yang menjadi ruang lingkup jasa dan atau karya bagi pemberian Gelar, dan
Memiliki Guru Besar Tetap sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dalam bidang sebagaimana dimaksud pada poin kedua.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Honoris_Causa

dan mari kita cari tahu tentang UNESCO

UNESCO (merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945. Tujuan organisasi adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengen mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangkat meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM dan kebebasan hakiki. (Artikel 1 dari konstitusi UNESCO).

UNESCO memiliki anggota 191 negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Prancis, dengan 50 kantor wilayah dan beberapa institut dan pusat di seluruh dunia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui: pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial & manusia, budaya, dan komunikasi & informasi. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan-guru; program ilmu internasional; proyek sejarah regional dan budaya, promosi keragaman budaya; kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam serta memelihara HAM; dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan dijital dunia.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/UNESCO

kesimpulan:
honoris causa hanya dapat diberikan oleh perguruan tinggi/universitas. sementara UNESCO jelas-jelas bukan perguruan tinggi/ universitas? silakan anda cari universitas UNESCO atau ada orang lulusan dari UNESCO?

klaim ini jelas-jelas tidak benar dan menyesatkan. dan informasi mengenai li jin yuan di internet hanya ada di web tianshi.
hal ini jelas-jelas menunjukan adanya pemalsuan nama organisasi.
buat yang mau berkomentar/menyanggah silakan klik link di bawah ini :

http://kaskus.us/showthread.php?t=865698

%d blogger menyukai ini: