Produk tianshi adalah Fitofarmaka?

pernyataan diamond:
Produk tiens itu termasuk golong Fitopharmaca. Yaitu Suplemen yg memiliki kemampuan menyembuhkan satu tahap lebih tinggi dari obat2an. Sumber : dr. UTIN T Januarti ( Sekertaris IDI Indonesia, dokter teladan thn 1990 )

jawab:
produk tiens BUKAN fitofarmaka, dan pernyataan anda ini menyesatkan. apakah benar yg bersangkutan dokter utin pernah menyatakan seperti itu?. karena saat ini ada teman kami yg langsung cross check ke IDI. kalau benar beliau pernah menyatakan seperti itu dia dalam masalah yg besar, begitu juga sebaliknya kalau anda main asal klaim. ok saya luruskan pernyataan anda:

fitofarmaka BUKAN suplemen.

tingkatannya berbeda

1.obat-obatan

2.fitofarmaka

3.suplemen

dan untuk mendapatkan status FITOFARMAKA itu tidak gampang, harus melalui serangkaian tes untuk kandungan dan efektivitas dari zat yang terkandung dalam fitofarmaka tsb. silakan anda baca link PDF yg saya kasih. dan produk TIENS tergolong sebagai SUPLEMENT MAKANAN. jadi adalah tidak benar dan MENYESATKAN kalau anda bilang produk tiens adalah FITOFARMAKA.

download tata cara pendaftaran produk fitofarmaka

dan dibawah ini adalah SK MENKES
anda kalau sebagai dokter dan mendewa-dewakan fitofarmaka maka anda bisa kena dalam hukum. boleh tanya lagi kepada anda pernyataan tsb benar2 dokter Utin yg katakan? krn dia bisa dalam masalah yg besar kalau benar, dan kalau dia fiktif/terbukti tida pernah mengatakan hal tersebut anda yg dalam masalah besar.
dan jangan repot2 menghapus postingan anda karena sudah di screenshot.

download SK MENKES di sini

jadi pada intinya semua fitofarmaka harus di approve dulu ama SP3T di RSCM UI, dan kalau sudah diapprove baru akan dimajukan ke menkes.
dan yang bisa mengajukan suatu tumbuhan sbg fitofarmaka adalah industri obat dan farmasi.
jadi 1 zat baru bisa disebut sebagai fitofarmaka di screen dan diteliti dulu oleh SP3T, dan kalau berhasil lewat baru di usulkan ke BPOM dan DEPKES.

industri obat luar negeri bisa asal dapat surat penunjukan langsung dari perusahaan farmasi induknya di luar negeri, farmasi dan pembuatannya harus sesuai cara membuat obat tradisonal yg benar oleh SP3T

dan anda bisa bilang produk tianshi dpt ijin BPOM, tapiii harus di cermati dulu ijinnya apa.

ijin sbg makanan tambahan, bukan fitofarmaka, yg ini pun juga kompleks dan diatur oleh UU dan SK menkes. SP3T harus uji preklinis dan klinik. bahkan buah merah saja tidak lulus ujian.

jadi pada intinya kalau anda semua menjual sebagai MAKANAN KESEHATAN. anda aman secara hukum dan etika.

analogi:
bajaj dikasih ijin buat angkut 3 penumpang, bukan bawa kayu gelondongan dari sumatra ke jawa.

so tiens akan aman kalau dia stick to rule:

yakni suplemen kesehatan, makanan tambahan untuk jaga kesehatan itu aja dan ga ada “efek samping yg mengobati”.

%d blogger menyukai ini: