Tanya-Jawab Mengenai Suplemen Tianshi

Pertanyaan

1). Dari brosur-brosur yg sy lihat sebagian produk Tianshi adalah mineral dan vitamin. Apakah vitamin dan mineral itu bisa membuat kita meninggal dunia kalau sebenarnya di dalam tubuh kita sudah cukup vitamin dan mineral tersebut? Soalnya sy sendiri rutin minum Protecal dan susu berkalsium tinggi Produgen sekedar untuk menjaga kesehatan krn sering lembur malam.

jawaban:
yang membunuh bukan mineral dan vitamin
tapi karena para penjual nya tidak mengerti bahwa mineral, vitamin dan zat2 gizi lainnya bukanlah penyembuh penyakit, bukan obat
dan saya lihat justru sasaran empuk adalah para pasien2 yang memang sakit berat
misal: kanker
atau sakit2 kronis yang bener2 butuh disiplin pasien dan monitor tetap
misal: asma, DM/ kencing manis

yang saya protes adalah klaim bahwa suplemen ini menyembuhkan penyakit
seperti dikatakan coba dilihat di promosi2 mereka
– bisa memperbaiki fungsi sel2 pankreas pada DM.. wong kerusakan ini bawaan dan begitu kompleks, sampai sekarang obat2 terus dikembangkan untuk mempertahankan selama mungkin fungsi sel pankreas yang masi normal
bukan meregenerasi yang sudah kelainan
suplemen ini berani2nya mempromosikan hal yang begitu menyesatkan
Tapi menarik kan? anda yang ga mengerti ilmu kesehatan pasti akan langsung tertarik
– bisa mengobati kolesterol, tekanan darah tinggi dll
dll

khusus untuk kanker:
pasien2 yang mestinya sudah menjalani pengobatan yang tepat saat itu , sesuai dengan stadium yang diderita saat itu
malah tidak mau lagi berobat terus beralih ke suplemen

ini jelas2 menyesatkan
karena tidak ada mekanisme apapun yang bisa membantu dari suplemen untuk membunuh sel kanker. SIlahkan tanya ke seluruh dunia pak, ini fact.
(tapi orang tiens akan mendebat, kalo semua hal kan belum pasti dll
ada hal2 di luar kedokteran, 5000 tahun sejarah cina, dll)

produsen yang menjual produknya dengan tidak etis dan tidak punya tanggung jawab moral, silahkan pertanyakan lah motivasinya (pasti uang atau bintang2 di Tiens)

blon lagi pada kondisi2 tertentu, pasien 2 kanker yang dalam kemoterapi dan radioterapi
harus hati2 sekali memberikan anti oksidan
karena akan menganggu proses kemo dan radiasi membunuh sel kanker
bahkan efek kemo dan radiasi terus berjalan – 6 bulan sesudah selesai seri terakhir kemo/ radiasi
nah kita minum suplemen, dosis tinggi vitamin mineral, antioksidan semua
sedang di tubuh kita sedang mati2 an membunuh sel kanker dengan banyak mekanisme, salah satu mekanisme utama dengan radikal bebas/ oksidasi
anda malah meREVERSE proses penyembuhan anda dengan minum segala macam vitamin dan mineral dosis tinggi

ini bahaya sekali
1. dari segi klaim yang begitu tinggi hati, membabi buta tanpa mengerti ilmu kesehatan , bahwa Tiens mengobati penyakit
klaim seperti
– SUPLEMEN KESEHATAN YANG LEBIH MANJUR DARI OBAT
– MEMPERBAIKI SEL PANKREAS
– MENGOBATI DARAH TINGGI
DLL

melanggar semua asas dasar pengobatan, bahwa beda antara suplemen/ makanan pelengkap dengan obat
2. segi strategi bisnis, khusus justru mendekati orang2 dalam penyakit berat dan kronis
yang justru amat butuh pengobatan teratur dan kontrol obat2an
malah diiming2in mimpi yang salah

ORANG TIENS AKAN BILANG
SEMUA PERNYATAAN SAYA DI ATAS ITU CUMA CERITA SAYA DLL
TRUS SAYA GA OBJEKTIF DLL

silahkan tanya ke semua dokter yang belajar dengan baik
(bukan distributor MLM manapun)
para pengajar di seluruh dunia

Pernyataan saya di atas adalah sebenar2nya dari pembelajaran bertahun2
ada di buku, ada di jurnal dan terus diteliti dan berkembang
inilah ilmu kesehatan
INILAH JUSTRU KEOBJEKTIVAN ILMU PENGETAHUAN

INTINYA : SUPLEMEN BAHAYA KETIKA SEHARUSNYA DILAKUKAN PENGOBATAN DENGAN STANDARISASI YANG BENAR, PASIEN DIMANIPULASI SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA TIDAK MAU MENJALANI TERAPI DAN MENGANDALKAN SUPLEMEN UNTUK SEMBUH

_________________________________________________________________

Pertanyaan : 2). Tentang produknya Tianshi yg herbal, apakah produk-produk yang bersifat herbal lainnya juga berbahaya untuk diri kita dan tidak recommended? Seperti produk-produk yang dikeluarkan oleh pabrikan Indonesia Sidomuncul, deltomed dan lain-lain? Sy punya anak usia 3,5 tahun sakit batuk ckp lama, terutama kalau malam hari. Sudah sy bawa ke dokter beberapa kali dan dikasih antibiotik, tapi begitu obat habis, kambuh lagi. Akhirnya oleh dokter dikasih surat untk periksa darah dan thorax (2 minggu yll). Terus terang sy belum membawanya sebagaimana anjuran dokter, karena saat mampir ke apotik dan cerita-cerita dgn apotekernya di sana, dia kenalkan OBH Herbal keluaran deltomed. Saya cobakan minum pada anak sy kok batuknya menurun. Karena menurun tak belikan lagi sebotol lagi dan sekarang ngga batuk lagi. Apakah ada efek sampingnya kalau sy terus menerus mengkonsumsikan produk tersebut kepada anak saya?

Jawaban saya:
herbal itu banyak sekali memang menjadi bahan dasar obat2 kedokteran
ini benar

namun mengapa harus melalui proses riset, penelitian klinis yang begitu rumit dan panjang?
INI UNTUK KEAMANAN PASIEN DAN HASIL TERBAIK BAGI PASIEN

biasanya logikanya gini, kalo ada 1 herbal / fitofarmaka yang dianggap secara kultur dan kebiasaan ada efek mengobati, diteliti
– di lab, dicoba mencari struktur kimia, efek, dll
– baru dicoba ke hewan2 percobaan, inipun bertahun2
– baru bila diyakini aman, pelan2 uji klinis pada manusia

contoh :
daun 2 di indonesia, kaya tapak dewa , dll
mempunyai kandungan aktif zat kimia yang dipakai pada kemoterapi kanker

namun tentu hanya 1 zat aktif

sedangkan bila anda kemoterapi kanker, itu sudah melalui pembelajaran dinamis,
berapa jenis, dosis obat (per kg BB/ per luas tubuh)
dipertimbangkan dokter , fungsi hati, ginjal dll
blon lagi standarisasi obat kemo, produksinya harus TEPAT KADARNYA

lalu kita minum herbal yang mengandung 1 zat yang diperlukan dalam kemo:
– zat itu tidak lengkap krn hanya 1 saja
– bagaimana menentukan dosis yang tepat untuk keperluan pasien??? ga ada standarisasinya kan?

jadi kanker anda diobati herbal dengan setengah2 atau malah kelebihan dosisnya
hal ini malah berbahaya

saya coba terangkan dengan kanker karena bidang ini yang banyak saya diskusikan terutama pemakaian herbal dan suplemen , dulu dengan prof Djakaria, prof Tati dan Prof Susworo di UI

jadi bukan anti herbal
justru DEMI KEBAIKAN PASIEN, HARUS MENGERTI SEKALI FUNGSI HERBAL

_________________________________________________________________

Pertanyaan 3). Mohon dijelaskan menurut keilmuwan anda kandungan apa yang berbahaya pada produk-produk Tianshi? Misalnya di dalam teh Tianshi mengandung zat berbahaya, dengan konsentrasi yang membahayakan dan sebagainya.

jawaban :

semua suplemen itu namanya juga makanan tambahan
percayalah semua kandungannya pasti dalam dosis yang tidak lethal/ mematikan
ini jelas kan
jelas bukan mengandung zat berbahaya loh

namun apakah dalam dosis yang kita perlukan??

contoh :
keperluan vitamin C harian manusia dewasa normal itu 60-100 mg saja
ini fakta ilmiah
vitamin c larut dalam air dan dibuang lewat ginjal
sekarang kita minum suplemen vit C 1000 mg, yang dilepas pelan2 selama 24 jam
bayangkan beban tambahan ginjal anda
selama 24 jam pelan2 harus terus memproses membuang kelebihan vitamin C
“” Asumsinya kalau anda 1 hari 24 jam tidak makan apapun yang ada Vit C nya loh””

ini suatu cara sederhana saya mengira2 apakah saya butuh 1 jenis makanan tambahan / suplemen:
– liat jenis2 vitamin / mineral yang ada di produk yang akan kita minum, kadarnya berapa , kalau bisa , produk2 kedokteran ada tulis farmakokinetiknya, jadi kadar sekian itu habisa dibuang dari tubuh dalam berapa jam
ini bedanya dengan produk MLM
– cari RDA/ Recommended Daily Allowance / dosis yang dibolehkan dan Dosis yang diperlukan untuk zat itu dalam sehari , bisa lewat google
– pertimbangkan sekali lagi, apakah perlu menjejali tubuh dengan dosis berkali2 lipat tersebut, anda yakinkan sebelum minum suplemen,
Fungsi hati anda normal : Minimal SGOT, SGPT normal
Fungsi ginjal anda normal : Minimal Ureum / Creatinin anda normal
– pertimbangakan apakah tidak lebih baik , makanan sehari2 yang ditambah dengan jenis sayur/ daging/ produk yang mengandung zat dalam suplemen itu ??

kira2 gitu

jadi ingat
ada 3 macam produk secara sederhana aja
1. suplemen/ makanan pelengkap/ makanan kesehatan
untuk melengkapi pasokan makanan harian kita yang kurang atau pada kondisi khusus kita membutuhkan lebih
(hamil, menyusui, pertumbuhan, penyembuhan pasca tindakan besar, dll)
2. fitofarmaka
zat2 aktif dalam berbagai mahluk hidup yang memang punya efek fisiologis pada tubuh
namun masih terus diselidiki terus tentunya
prinsipnya fitofarmaka ini: silahkan minum dengan risiko ditanggung sendiri

karena belum ditetapkan suatu efek pasti, dosis pasti, efek samping dll
namun sudah terbukti ada efeknya secara fisiologis pada tubuh manusia

anda silahkan aja coba deh sendiri

3. obat
setelah si fitofarmaka ini diriset bertahun2
ditemukan dan disetujui
efek pastinya
dosisnya gimana
cara produksi dengan dosis yang dibutuhkan
efek samping, dll

obat pun terus dievaluasi
semua jenis obat, terus diriset terus selama puluhan tahun
terus melalui proses dinamis memperbaiki diri, menjadi lebih baik bagi manusia

itu deh jawabannya

” Bentar lagi, pasti deh para pro MLM akan membombardir jawaban saya ini dengan debat kusir yang ga masuk akal ” heheheheh
ini jawaban dari otak, hati nurani dan kesadaran penuh
profesional namun coba disederhanakan supaya mudah dimengerti

semoga membantu.
_________________________________________________________________

special thanks for Dr. music_healing untuk sharingnya =)

%d blogger menyukai ini: