Jawaban Tianshi-Watch team utk elesce

Untuk menjawab permintaan dari Elesce (yang menyebut diri sebagai Pakde), berikut kami sampaikan response kami. Berikut adalah email terakhir dari Elesce:

from elesce1@gmail.com
Mon, May 19, 2008 at 6:27 PM

Hello dik, nih pak de ada informasi mengenai produk Tianshi. Coba pak de tunggu bagaimana respon kamu di dalam blog kamu itu.

Terima kasih atas pertanyaan Saudara tentang produk Tianshi.

Kami informasikan bahwa produk Tianshi terdaftar di Badan POM sebagai Obat Tradisional dan Pangan Fungsional.

Produk yang terdaftar di Badan POM dapat dilihat di website Badan POM http://www.pom.go.id>komoditi>obat tradisional/makanan>registrasi>daftar produk teregistrasi>cari produk> masukkan nama produk (Tianshi)> cari

Demikian yang dapat kami sampaikan. Apabila Saudara masih mempunyai pertanyaan lain, silahkan hubungi kami kembali. Terima kasih.

Sandhyani E.D
Pusat Informasi Obat Nasional
Badan POM RI
Telp. 021-4259945

 

Dengan membawa jawaban dari BPOM, Elesce merasa bahwa bantahan kita tidak valid bahwa Tianshi bukanlah obat karena menurutnya produk tianshi terdaftar di BPOM sebagai Obat Tradisional dan Pangan Fungsional. Perlu kami tekankan disini bahwa semua fakta yang kami beberkan disini TETAP BERLAKU!!

Kami sudah mencoba berbaik hati mencoba menjawab email Elesce lewat email pula untuk menjaga perasaan yang bersangkutan, tetapi karena kami diminta untuk menjawab melalui blog, maka kami penuhi sesuai permintaannya. Harap juga ini menjadi pelajaran bagi rekan-rekan yang ingin mencoba meng-counter bukti-bukti dan fakta-fakta yang kami utarakan disini untuk mencoba menganalisa serta rajin membaca dan mempelajari data yang diperoleh. Ini untuk mengasah kemampuan analisa dan bersikap kritis dari setiap informasi yang didapat. Jangan sekedar mendapat informasi dan langsung menganggap itu valid tanpa melihat latar belakang informasi atau data tersebut.

 

Berikut adalah penjelasan dan uraian dari jawaban Badan POM diatas:

 

Obat tradisional adalah mengacu pada produk yang bersifat tradisi dan empiris dan TIDAK dapat dan TIDAK boleh dianggap sebagai obat yang menyembuhkan yang setara dengan obat medis. Definisi obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (www.pom.go.id).

Pangan fungsional mempunyai posisi yang lebih rendah lagi dibanding obat tradisional. Semua jenis makanan yang dikonsumsi yang mempunyai fungsi atau manfaat bagi tubuh termasuk kategori ini, ini termasuk susu, coklat, agar-agar, dll. Untuk mencapai kategori obat medis/klinis, obat tradisional masih harus melewati uji klinis terukur dan uji laboratorium. Sedangkan untuk pangan fungsional, kemungkinan mencapai tingkat obat adalah sangat rendah karena sesuai dengan kategorinya, produk pangan fungsional tidak memiliki efek menyembuhkan sama sekali (kurang lebih sama dengan suplemen). Obat tradisional pun masih mempunyai posisi dibawah fitofarmaka yang pernah di klaim Tianshi, sedangkan fitofarmaka sendiri belum dapat dikategorikan OBAT. Obat tradisional TIDAK BOLEH mengklaim dapat menyembuhkan suatu penyakit pada labelnya. Klaim menyembuhkan hanya diperbolehkan untuk kategori OBAT. Berikut adalah himbauan dari Badan POM mengenai obat tradisional:
silakan klik di sini

Kesimpulan yang dapat kami berikan adalah: produk Tianshi TIDAK ADA yang dapat diklasifikasikan sebagai OBAT. Untuk lebih memperjelas bagi saudara Elesce:

  • Obat tradisional = jamu = pembuktian khasiat lewat pembuktian EMPIRIS (bukan uji klinis)
  • Fitofarmaka = tahap lanjutan dari jamu yang telah teruji klinis namun belum sampai tahap obat.

 

Mudah-mudahan penjelasan kami cukup jelas sebagai bahan informasi dan masukan kepada semua rekan-rekan dan masyarakat pada umumnya.

 

Terima kasih.

 

Tianshi Watch Team

 

NB: Pembuktian Empiris: Pembuktian dengan mengandalkan hanya pada pengalaman dan pengamatan yang pada tingkat selanjutnya dapat didukung maupun digugurkan lewat pembuktian analisis (analytical), observasi (observation), dan percobaan (experiment). Dalam hal ini pembuktian empiris dapat dikuatkan maupun ditolak lewat pembuktian/uji klinis.

 


Ada yg ingin memberi tanggapan? datang saja ke :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=865698

atau bila anda sekalian memiliki berbagai keluhan/pengaduan mengenai tianshi? lgs saja hubungi kami lewat : :
pr@tianshi-watch.com

%d blogger menyukai ini: