Dari Redaksi…

Sejak awal perjuangan Tianshi Watch Team dari tahun 2008, kami sudah melihat hasil dari perjuangan kami menyadarkan orang-orang dari berbagai praktek penipuan terselubung Tianshi. Cukup banyak pula yang akhirnya bersimpati pada perjuangan kami dan mendukung usaha kami. Perjuangan kami cukup panjang dan melelahkan tetapi juga menarik. Berbagai pengalaman kami dapatkan, berbagai tipe manusiapun kami sudah hadapi. Tidak mudah memang menyadarkan para anggota Tianshi yang sudah teracuni oleh kata-kata upline mereka. Apakah kami menyerah? Haruskah kami lepas tangan melihat mereka jatuh dalam jurang kemiskinan akibat semangat menggebu-gebu untuk sukses di Tianshi?

Kami sadar bahwa kamipun masih mempunyai banyak kekurangan dan kelemahan, tetapi kami selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Berbagai saran, masukan dan kritik kami terima dengan terbuka. Kami juga mohon maaf kepada beberapa email yang masuk yang memberikan informasi-informasi yang mungkin cukup penting. Tetapi mohon disadari pula bahwa kami tidak dapat mempublikasikan informasi-informasi tersebut bila tanpa didukung oleh bukti maupun analisa yang kuat. Namun demikian, kami sangat berterima kasih atas sumbangsih rekan-rekan sekalian.

Membangun masyarakat yang kritis bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan begitu banyak anggota masyarakat yang peduli sosial untuk meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat. Kami juga ingin mengkritik peran guru-guru maupun dosen-dosen yang kami anggap masih kurang suportif untuk meningkatkan tingkat logika dan kekritisan masyarakat. Kenyataan yang ada membuktikan bahwa begitu banyak pelajar dan mahasiswa yang masih menggantungkan diri pada informasi searah yang diberikan oleh seniornya, dalam hal ini guru dan dosennya. Mereka menjadi malas berpikir dan kurang gigih untuk mencari tahu kebenaran dan informasi dari pihak lain maupun media lain. Hal ini sangat berbahaya karena akibat negatifnya adalah kepercayaan membabi buta pada satu informasi saja yang searah (top to bottom).

Begitu banyaknya MLM yang tidak bertanggung jawab di dunia diluar pendidikan memanfaatkan situasi ini untuk menjaring anggota. Bukan saja MLM, tetapi dapat dilihat dari maraknya iklan lowongan kerja dengan iming-iming gaji tinggi, bonus tinggi dan berbagai omong kosong lainnya. Entah sudah berapa banyak orang tertipu dan akhirnya semakin menderita secara ekonomi dan mental. Kami sangat sedih melihat kenyataan ini. Sekiranya masyarakat kita lebih kritis dan berpikir lebih logis lagi tentunya tidak akan termakan oleh rayuan perusahaan-perusahaan tersebut.

Kami yakin bahwa suatu saat, masyarakat kita akan bangkit dan dapat memerangi semua tindak tidak terpuji perusahaan-perusahaan tersebut. Saat itulah MLM-MLM busuk akan hengkang dari Indonesia. Sudah cukup lama masyarakat Indonesia dibohongi dan sudah saatnya kita bangkit bersama untuk menuju masyarakat yang kritis dan pintar. Marilah kita bersama membangun kepercayaan diri dan kebanggaan nasional kita bahwa kita bukanlah bangsa yang bodoh dan mudah dibohongi. Kami yakin pula bahwa tujuan kami akan tercapai pada waktunya.

Tianshi Watch Team

%d blogger menyukai ini: